Di era milenial ini, keberadaan teknologi menjadi unsur penting dalam aspek kehidupan. Semua serba teknologi, baik dalam pekerjaan, komunikasi, hiburan, informasi dan media sosial. Tidak dipungkiri, teknologi bahkan sampai meyentuh pada aspek pendidikan. Teknologi tersebut ada karena inovasi dari orang yang terdidik. Banyak kalangan berpendidikan yang menciptakan teknologi canggih. Jadi, Pendidikan adalah hal yang penting dalam memajukan taraf kehidupan manusia dari zaman yang serba konvensional sampa zaman serba teknologi ini.

Era sekarang ini, perkembangan teknologi sudah masuk pada era industri 4.0 yang mana sudah menggunakan otomasi kerja melalui jaringan internet. Hal ini membuat pekerjaan serta komunikasi dapat berjalan dengan efisien dan praktis. Begitu juga dengan pendidikan, pendidikan juga harus melakukan transformasi dan revitalisasi guna menyeimbangkan dengan perkembangan zaman.

Dalam proses pembelajaran, seorang pendidik dituntut untuk mampu mengoptimalisasikan penggunaan media belajar dengan pemanfaatan teknologi. Seperti, penggunaan proyektor untuk menampilkan slide materi. Jika hari ini masih menggunakan papan tulis sebagai satu satunya media dalam pembelajaran, maka yang hal itu kurang relevan sengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini. Sebenarnya hal diatas adalah sebagian kecil contoh implementasi  IPTEK dalam pembelajaran.

Metode belajar merupakan suatu strategi dalam proses pembelajaran. Metode belajar yang ideal adalah metode belajar yang efektif dan efisien aehingga mampu menghasikan output sesuai dengan target kurikulum. Hari ini metode belajar dengan media sosial seperti youtube atau dengan aplikasi seperti ruang guru perlu dikembangkan lagi. Pembelajaran seperti ini dianggap relevan bagi peserta didik. Beda zaman sudah otomatis beda generasi. Generasi saat ini sering kita sebut dengan milenial yang salah satu cirinya erat dengan internet. Melihat hal tersebut maka kecenderungan dalam belajarnya pun berbeda. Bisa jadi metode pembelajaran yang terlalu banyak ceramah dari guru dan menulis dipapan tulis kurang efektif bagi mereka.  Oleh karena itu, pendidik seharusnya melek terhadap media dan mampu menerapkan metode yang tepat.

Dengan segala kemudahan sekarang ini, peserta didik dapat dengan mudah mencari jawaban maupun referensi dari internet atau belajar tanpa bertatap muka dengan guru. Namun hal tersebut juga harus diimbangi dengan membaca dan tulis menulis. Membaca yang direkomendasikan dalam hal ini yaitu membaca dari buku langsung bukan dari saduran atau postingan di internet.

Selain dalam proses pembelajaran, pendaataan administrasi baiknya menggunakan sistem online agar tidak menyita banyak waktu dan menguras tenaga kerja. Dengan kemajuan teknologi yang pesat, saatnya pendidikan di Indonesia melakukan transformasi, guna mewujudkan pendidikan yang memiliki kualitas yang unggul berbasis IPTEK.

Oleh: Nur Ashari