Semua orang di dunia ini pasti memiliki sebuah tujuan,  atau kemudian kita sebut dengan orientasi hidup. Zaman terus berubah sejalan dengan waktu yang terus berputar. Disetiap perubahan tersebut,  orang yang berhasil adalah orang yang mampu mengikuti dan mengambil peluang.  Apakah peluang tersebut? mari kita ulas bersama sambil seruput kopi yang telah diseduh. 

Anda merupakan generasi yang sangat beruntung,  karena bisa memetik banyak kemudahan teknologi  saat ini. Era Digital saat ini memungkin kan Anda untuk mengambil banyak peluang di dalamnya.  Salah satunya adalah membangun aset digital yang bisa berlaku jangka panjang. 

Apa itu aset digital? 

Aset digital adalah aset yang cakupannya tidak hanya sebatas uang, tetapi juga bernilai emosional, bersifat pribadi dan rahasia. Contoh konkret aset digital seperti akun sosial media, domain blog atau ID untuk mengakses online games. Dari pengertian ini, aset digital juga bisa disebut dengan investasi jangka panjang. Mengapa demikian?  karena aset adalah hak pribadi seseorang untuk berkreasi, berinovasi,  dan bisa bermanfaat walaupun sang pemilik sudah meninggal. Ada banyak aset digital yang bisa kita bangun,  dari mulai sosial media seperti Facebook,  Instagram, Chanel YouTube, atau sebuah blog/situs. 

Pentingkah itu aset digital? 

Membangun aset digital ternyata sangat penting bagi Anda yang ingin sukses. Sukses itu butuh persiapan,  bukan bisa diraih dengan singkat. Berikut ini merupakan spekulasi saya tentang urgensi membangun aset digital. 

1. Sebagai Branding Personal

Siapa sih yang tidak butuh Eksistensi?  semua butuh eksistensi baik pada dunia nyata maupun dunia maya. lalu bagaimana  mendapatkan eksistensi? Ya tidak lain dengan branding personal. Aset digital menjadi pilihan yang tepat untuk memperoleh branding personal Anda. 

2. Sebagai upaya dalam meniti karier 

Tidak dipungkiri bahwa dalam meniti karier kita perlu membangun aset digital. Tanpa aset digital, karier Anda akan bersifat sementara dan tidak bisa diwariskan ke pada generasi selanjutnya. 

3. Rekam Track Record  

Aset digital dapat merekam perjalan Anda baik dalam kompetisi maupun berkreasi. Ingat,  apapun yang dilakukan hari ini bisa menjadi penentu masa depan, oleh karena itu mulai lah perbaiki rekam jejak mu dari sekarang dengan  membangun aset digital

Bagaimana membangun Aset Digital? 

Ada cukup banyak cara yang dapat dilakukan dalam membangun aset digital. berikut ini cara mudah membangun aset digital. 

1. Membuat blog atau situs

2. Membuat channel youtube

3. Membuat akun sosial media

Cara membangun aset digital menggunakan media situs atau blog ini secara umum dapat di lakukan dengan cukup mudah, hingga cara membangun aset digital ini dapat di lakukan oleh siapa saja.

Yuk mulai dari sekarang..  kalo bukan sekarang kapan lagi!