Bagi mahasiswa membaca dan diskusi adalah makanan keseharian. Kemudian mahasiswa disebut dengan generasi intelektual. Perlu di ketahui bahwa membaca buku saja itu belum cukup tanpa adanya diskusi. Karena jika hanya membaca biasanya kita akan mentok dalam satu sudut pandang. Al-hasil akan mudah menyalahkan seseorang jika tidak sepemahaman dengan apa yang dibacanya. Disinilah peran adanya Diskusi. 



Banyak hal yang bisa ambil dalam diskusi, diantaranya adalah:
1. Belajar menghargai pendapat Orang lain
Dalam diskusi kita belajar bahwa setiap  individu mempunyai pemikiran yang berbeda  beda tetapi mempunyai kebebesan yang sama yaitu kebebasan berpendapat.
2. Mempunyai wawasan baru
Dalam diskusi sering kita temui hal-hal yang baru yang tidak ada dalam buku yang kita baca, karena seajtinya diskusi adalah media bertukar pendapat/pemikiran.
3. Mengetahui suatu masalah dari beberapa sudut pandang
Dalam diskusi juga kita dituntut untuk bersifat moderat denngan tidak menyalahkan pemikiran orang lain.
4. Melatih publik speaking, karena dalam diskusi kita dituntut untuk bisa menyampaikan
Tahap  setelah membaca adalah menyampaikan. Ini merupakan sebuah tantangan, yakni kita harus menyampaikan apa yang  kita baca kepada forum dengan bahasa yang memahamkan.
5. Berbagi pemahaman kepada orang lain, karena kadang mahasiswa yang tidak suka baca tapi bisa paham apa yang kita baca karena mengikuti jalannya diskusi


Jika demikian masihkah kita malas berdiskusi ?



Oleh : Nur Ashari